Ilmu adalah binatang Buruan.
Dan Pena yang menuliskan adalah tali Pengekangnya
-Imam Asy Syafi'i-

Wednesday, 6 February 2013

Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal, (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan Kami, Tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha suci Engkau, Maka peliharalah Kami dari siksa neraka. 

Dutsur ilahi tersebut (Ali Imran : 190 - 191) rasanya cocok untuk post kali ini. Mungkin dari kita semua sudah sering rasanya mengunjungi Air Terjun atau istilah lainnya Curug. Sudah sering mengunjungi tempat-tempat wisata lainnya. Sudah sering mengunjungi ciptaan-ciptaan Yang Maha Kuasa yang membentar di Dunia ini, dari Sabang sampai Meurake, dan lain lainnya.

Akan tetapi, apa yang kita pikirkan, ketika kita berkunjung ke tempat tersebut ? Kagum, Asyik, Sejuk, Nyaman dan lain-lainnya perasaan yang membuncah di dalam dada yang mungkin tidak dapat dijelaskan satu persatu. Sudahkah bertambah keimanan kita dengan mengunjunginya ? Melihat ciptaan-ciptaannya ?

Sebagai pribumi dari Kabupaten Bogor, (Lahir di Bogor dan Tinggal di Bogor) mungkin tidak ada salahnya, jika membagikan sedikit pengalamannya mengenai tempat atau Curug yang ada di Bogor, baik yang sudah pernah dikunjungi, maupun yang belum pernah dikunjungi, diantaranya :
1. Curug Cigamea

Terletak di Desa Gunungsari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. Curug Cigamea terdiri dari dua air terjun utama dengan karakter berbeda. Air terjun pertama lebih dekat dengan jalan masuk, dengan tebing curam menyerupai dinding dan didominasi bebatuan hitam. Kolam limpahan air yang berada dibawahnya tidak terlalu dalam dan luas sehingga tidak bisa digunakan untuk berenang. Sementara air terjun kedua berjarak sekitar 30 meter dari air terjun pertama dan berada di celah tebing. Air terjun kedua ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter dengan aliran air yang turun semakin lebar membelah tebing bebatuan yang berwarna hitam kecoklatan serta tumpahan air yang cukup deras dibandingkan air terjun yang pertama. Kolam limpahan air yang ada di bawah air terjun kedua ini cukup luas dengan warna air yang biru kehijau-hijauan di bagian tengah kolam menandakan bagian tersebut cukup dalam, sehingga bisa digunakan untuk berenang.



2. Curug Luhur

Tak jauh berbeda dengan air terjun lainnya, “ curug luhur” yang terletak di Desa Gunung Malang, Kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat ini menawarkan keindahan alaminya yang bisa menyegarkan pikiran, mengajak anak- anak ke air terjun ini pun juga bisa anda lakukan, hanya berjarak 150 meter dari parkiran dan mempunyai akses jalan yang mudah dan tidak terlalu berat dilalui, memudahkan anda untuk membawa anak- anak melihat keindahan air terjun yang satu ini. Selain itu pemandangan dan air terjun sangat baik bagi anak- anak, kecerian di pasti akan anda dapatkan di air terjun ini. curug luhur juga berada ditempat yang strategis, jadi bagi anda yang ingin berekreasi ke air terjun ini bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Mempunyai tinggi sekitar 60 m , air terjun ini mempunyai curahan air yang cukup deras, bersama keluarga anda bisa bermandi ria dibawahnya, terdapat kolam yang cukup besar bagi anda yang ingin menikmati kesegaran air curug luhur ini, selain itu pemandangan di sekitar air terjun ini sangat menawan sejauh mata memandang,pepohonan hijau dan rindang menyegarkan mata, selain itu udara khas pegunungan juga bisa anda rasakan disini. Selain air terjun disini juga terdapat sederet air yang mengalir deras pada dinding tanah dengan ketinggian yang tidak terlalu tinggi hanya sekitar 2 meter, yang juga airnya bisa anda nikmati kesegaranya, untuk hanya sekedar membasuh muka.




3. Curug Nangka, Curug Daun, dan Curug Kawung

Berada di kawasan Gunung Bunder , curug nangka menawarkan kesegaran alam dan keindahan air terjunya yang pastinya menyegarkan pikiran. Curug nangka sendiri terletak di Desa Warung Loa, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat dengan berada di ketinggian sekitar 750 m dpl, pastinya udara sejuk khas pegunungan bisa anda rasakan. Bagi anda pecinta alam berkunjung ke air terjun ini tentu sangat menyenangkan, karena dilokasi curug nangka anda masih bisa menemukan dua curug lainnya yang hanya berjarak 100 meter, yaitu curug daun dan curug kawung. Dan bagi anda yang mengajak anak- anak pun tidak perlu kuwatir karena jalan menuju curug nangka tidak menyajikan jalan yang sulit, selain itu sangat dekat dengan pintu masuk hanya 500 meter atau sekitar 15 menit perjalanan. Mulai menikmati keindahan Curug Nangka, air terjun yang satu ini merupakan ir terjun bertingkat , dengan 3 tahap yang masing – masing tahapnya mempunyai ketinggian sekitar 20-30 meter, anda bersama anak bisa bermain air sepuasnya denga bermandi- mandi dibawah guyuran air terjun, juga terdapat kolam alami yang terdapat di bawah air terjun ini. selain keindahan air terjunya dan alaminya alam disekitar air terjun anda juga bisa melihat kawanan monyet liar yang bergelantungan di atas pohon, tak jarang monyet – monyet akan meminta makan kepada pengunjung, tentu ini menjadi keseruan tersendiri saat berkunjung ke air terjun ini.

Yah, mungkin baru 3 tempat ini yang baru dikunjungi, mudah-mudahan dapat mengunjungi yang lainnya,  :D, karena masih banyak tempat atau curug yang belum dikunjungi

sumber

Reactions:

0 comments:

Post a Comment

comment