Ilmu adalah binatang Buruan.
Dan Pena yang menuliskan adalah tali Pengekangnya
-Imam Asy Syafi'i-

Tuesday, 29 January 2013

“Seorang mukmin itu sungguh menakjubkan, karena setiap perkaranya itu baik. Namun tidak akan terjadi demikian kecuali pada seorang mu’min sejati. Jika ia mendapat kesenangan, ia bersyukur, dan itu baik baginya. Jika ia tertimpa kesusahan, ia bersabar, dan itu baik baginya”. (HR. Muslim) 

Syukur dan sabar, merupakan 2 hal yang harus diterapkan dalam hal kita menyikapi suatu persoalan. Jika kita mendapat kesenangan, maka bersyukurlah, yang dengannya nikmat atas kesenangan itu akan ditambahkan oleh Allah Swt. Dan jika ditimpa kesusahan maka bersabarlah, yang dengannya diberikanlah kabar gembira.

dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. (Q.S Al Baqarah : 155)

Dengan sabar juga, kita bisa jadikan sebagai penolong kita, sebagaimana diabadikan dalam surat Al Baqarah ayat 153 "Hai orang-orang yang beriman, Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar". 

Bisa juga menjadi jalan ke Surga. Diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim bahwa ada seorang Wanita hitam yang datang menemui Rasulullah dan berkata, ‘Ya Rasulullah, aku mengidap penyakit ayan/sawan yang menyebabkan auratku terbuka, doakanlah untukku ya Rasulullah.’ Rasulullah berkata kepadanya, ‘Jika kamu mau bersabarlah dan kamu akan masuk syurga dan jika kamu juga mau, aku akan meminta Allah menyembuhkan penyakitmu itu.’ Wanita itu berkata, ‘Aku akan terus bersabar.’ Dan dia menambah, ‘Tetapi auratku akan terbuka karenanya, jadi mintalah kepada Allah untuku agar auratku terpelihara.’ Rasulullah pun mendoakannya untuk itu.

Atau dengannya (Sabar) memberikan kita pilihan untuk memilih Bidadari yang cantik Jelita sesuai dengan yang diinginkan, sebagaimana telah diriwayatkan oleh Abu Daud dan Tirmidzi,


Dari Mu’adz ibn Anas Rodiallohu 'anhu ; “Barangsiapa mampu menahan amarah padahal ia mampu untuk melampiaskannya, maka pada hari kiamat Allah akan memanggilnya di hadapan para makhluk, kemudian ia diminta untuk memilih Bidadari yang cantik jelita sesuai dengan yang diinginkannya.

Sabar mempunyai banyak manfaatnya, mulai dari mendapat kabar gembira, sebagai penolong, jalan menuju Surga dan juga diberikannya Bidadari yang cantik jelita :D

Sudahkan Saya, anda, kita, mencoba untuk bersabar ?
Sumber : Riyadhun Shalihin

Reactions:

0 comments:

Post a Comment

comment