Ilmu adalah binatang Buruan.
Dan Pena yang menuliskan adalah tali Pengekangnya
-Imam Asy Syafi'i-

Saturday, 4 May 2013

Bahkan serigala dan kambing hidup damai di masa pemerintahannya. Tidak ada serigala yang memangsa kambing pada masa itu.Di bidang ekonomi, kebijakan-kebijakannya yang melindungi rakyat kecil. Pada masanya, orang-orang kaya membayar zakat sehingga kemakmuran benar-benar terwujud. Konon, saat itu sulit menemukan para penerima zakat lantaran kemakmuran begitu merat.

Ya, itulah zaman ketika Umar bin Abdul Aziz memerintah. Cukup singkat, sekitar 2,5 Tahun. Akan tetapi beliau bisa merubah Daulah Umayah yang sebelumnya terkenal Korup, menjadi Bersih dan cemerlang sampai sampai kebingungan mencari orang yang berhak menerima zakat, saking makmurnya pada zaman itu.


Ada suatu hal yang menarik, ketika 'Umar ibn 'Abdil 'Aziz menulis surat meminta nasehat Hasan Al Bashri (ulama pada zaman itu). Maka Hasan Al Bashri membalas, 


"Amma ba'du. 
Durhakailah hawa nafsumu. 
Wassalam."


Begitu singkat, padat dan berisi. Durhakailah hawa nafsumu.
Ketika kita malas untuk bangun malam, hawa nafsu kita menuntuk kita untuk tidur lebih lama, maka durhakailah hawa nafsumu!!
Ketika selesai subuh, hawa nafsu kita menuntun kita untuk tidur lagi, maka durhakailah hawa nafsumu!!
Bahkan imam Asy Syafi'i menganjurkan kepada kita, jika ada beberapa pilihan, maka pilihlah yang berkebelakangan dengan hawa nafsumu. Durhakailah hawa nafsumu!!

Durhakailah hawa nafsumu! 3 kata yang begitu singkat, padat dan mengena. Mungkin bisa menjadi pemicu kita dalam beramal dan berkontribusi.


Ditulis saat-saat diri ini malas untuk beraktifitas
Sumber kisah: Sejarah Para Khalifah karya Hepi Andi Bastoni

Reactions:

0 comments:

Post a Comment

comment